TINDAK TUTUR KONSTATIF DALAM TAYANGAN MERRY RIANA SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA
Keywords:
Tayanga, Tindak Tutur Konstatif, PragmatikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bentuk dan jenis tindak tutur konstatif 2) Relevansi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. penelitian menggunakan kajian pragmatic tindak tutur. pendekatan yang digunakan penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif. data penelitian merupakan keterangan yang disajikan bentuk tuturan yang ditujukan oleh Merry Riana terhadap lawan tutur. Subjek penelitian adalah semua tuturan yang terdapat dalam tayangan Merry Riana, adapun objek penelitian yang dimaksud adalah tindak tuturan konstatif yang meliputi bentuk dan jenis tindak tutur konstatif. Data yang dihasilkan dari penelitian dikumpulkan dengan metode simak dan catat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya 33 data : (1) Bentuk dan jenis tindak tuturan konstatif. (2) Relevansi pembelajaran bahasa Indonesia terdapat pada KD 3.5 dengan materi Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah di sekolah SMA.