PENERAPAN PEMBELAJARAN IMPROVE PADA MATERI TEKS HIKAYAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO
Keywords:
IMPROVE, Hasil Belajar, Teks HikayatAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan atas adanya fakta hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal yang masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi teks hikayat melalui penerapan model pembelajaran Introducing the new concept, Metakognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulty, Obtaining Mastery, Verification, and Enrichment (IMPROVE). Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2019. Berdasarkan dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa keterlaksanaan RPP menunjukkan bahwa RPP dapat terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa menunjukkan aktivitas berpusat pada siswa (student centered learning) dan siswa sangat antusias mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru. Respon siswa setelah penerapan model IMPROVE yang digunakan menunjukkan respon positif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I secara individual sudah tercapai dan secara klasikal belum tercapai. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar baik secara individual dan klasikal telah tercapai.
36