PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERSIKLUS PADA MATERI ALAT OPTIK DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI BANGSAL MOJOKERTO
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan umumnya pembelajaran Fisika hanya dilakukan dengan metode ceramah, sehingga hasil pembelajaran belum maksimal. Oleh karenanya diperlukan penerapan model pembelajaran yang inovatif, diantaranya model pembelajaran bersiklus. Melalui model pembelajaran bersiklus maka dapat dipelajari berbagai materi yang sangat menarik dan menyenangkan, seperti pada materi alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran bersiklus pada materi alat optik di SMA Negeri 1 Bangsal Kelas XI MIPA 1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2019 di kelas XI MIPA 1 dengan melibatkan 31 siswa. Penelitian dilakanakan selama dua siklus melalui beberapa rangkaian kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran bersiklus dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 87.10% pada siklus pertama menjadi 90.32% pada siklus kedua. Selain itu pembelajaran bersiklus pada pelajaran Fisika dengan pokok materi alat optik di SMA Negeri 1 Bangsal kelas XI MIPA 1 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 berjalan dengan lebih efektif yang ditandai dengan antusuas siswa yang meningkat dalam pembelajaran dari 86.33% pada siklus pertama menjadi 93.53% pada siklus kedua, perilaku ilmiah juga meningkat dan pada kedua siklus berkategori baik, dan kualitas pembelajaran juga meningkat yang dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP mencapai 100% dan skor rerata 4.45 (baik)