PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS 4C DI KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi limit fungsi aljabar melalui penerapan model pendekatan saintifik berbasis 4C di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Februari – April 2019 melalui dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik berbasis 4C dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal pada pelajaran Matemmatika dengan materi limit fungsi aljabar. Hasil tersebut terlihat dari beberapa indicator, diantaranya: (1) meningkatnya keterlaksanaan RPP dari 3.08 pada siklus pertama menjadi 3.50 pada siklus kedua, (2) hasil tes belajar siswa menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 71.42% pada siklus pertama menjadi 88.57% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua siklus dengan prosentase keaktifan 91.89% pada siklus pertama naik menjadi 94.44% pada siklus kedua.