PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO
Keywords:
Hasil belajar, SFE, TrigonometriAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal melalui penerapan model SFE pada materi trigonometri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2017 dengan melibatkan 36 siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal dengan menerapkan Student Facilitator And Explaining (SFE) pada pelajaran matematika materi trigonometri. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model SFE pada materi trigonometri, terdapat peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Peningkatan tersebut berdasarkan indicator sebagai berikut: (1) peningkatan performa guru dalam pembelajaran. Berdasarkan data keterlaksanaan RPP diketahui terdapat peningkatan keterlaksanaan RPP dari 3.08 (baik) menjadi 3.5 (baik) dan prosentase keterlaksanaan mencapai 100% pada kedua siklus, (2) aktivitas siswa menunjukkan pembelajaran berpusat pada siswa dengan prosentase aktivitas mencapai 85.11% pada siklus pertama naik menjadi 95.56% pada siklus kedua, (3) respon siswa pada kedua siklus adalah positif. Mayoritas siswa menyatakan berminat pada penerapan model pembelajaran SFE dan tertarik apabila pada materi lain diterapkan model yang sama, dan (4) hasil belajar menunjukkan peningkatan dari 64.72% pada pra siklus menjadi 74.16% pada siklus pertama dan menjadi 91.67% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai pada siklus kedua.