PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBING - PROMPTING DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PURI
Keywords:
Hasil belajar, probing prompting, Fluida StatisAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui suasana kelas pada pembelajaran kooperatif model probing- prompting dengan pendekatan scientific dalam memahami materi Fluida Statis pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Puri dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fluida Statis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Puri pada materi Fluida Statis melalui pembelajaran kooperatif model probing- prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Puri pada bulan Februari sampai dengan Maret 2020 semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis saintifik tipe probing- prompting memberikan kemudahan guru untuk melaksanakan pembelajaran sehingga menjadikan kelas menjadi aktif dan pembelajaran kooperatif berbasis saintifik tipe probing- prompting memberikan kemudahan kepada siswa untuk menguasai kompetensi. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua siklus, yaitu dari 75% pada siklus pertama menjadi 86.11% pada siklus kedua.