PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN ASAM BASA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PURI

Authors

  • SOLIKHATININGSIH SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui suasana kelas pada pembelajaran model  probing prompting dengan pendekatan scientific dalam memahami materi larutan asam basa pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Puri, dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar larutan asam basa siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Puri pada materi  larutan asam basa melalui  pembelajaran  model  probing prompting.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Puri pada tanggal bulan Januari sampai dengan Maret 2020 semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model probing prompting memberikan kemudahan guru untuk melaksanakan pembelajaran sehingga menjadikan kelas menjadi aktif dan pembelajaran model probing prompting memberikan kemudahan kepada siswa untuk menguasai kompetensi. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar pada kedua siklus, yaitu dari 75% pada siklus pertama menjadi 87.5% pada siklus kedua.

Downloads

Published

2022-09-27