PENERAPAN PENDEKATAN 4C BERBASIS SAINTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 PURI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi gelombang bunyi melalui penerapan model pendekatan saintifik berbasis 4C di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Februari 2020 melalui dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik berbasis 4C dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto pada pelajaran Fisika dengan materi gelombang bunyi. Hasil tersebut terlihat dari beberapa indicator, diantaranya: (1) meningkatnya keterlaksanaan RPP dari 3.08 pada siklus pertama menjadi 3.50 pada siklus kedua, (2) hasil tes belajar siswa menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 77,78% pada siklus pertama menjadi 88,89% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua siklus dengan prosentase keaktifan 91.89% pada siklus pertama naik menjadi 94.44% pada siklus kedua.