PENERAPAN KONSELING INDIVIDUAL MELALUI ZOOM MEETING PRIVATE UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 PURI
Keywords:
Prokrastinasi Akademik, Konseling Individual, Zoom Meeting PrivateAbstract
Situasi wabah covid-19 yang sekarang sedang terjadi sehingga menyebabkan pemerintah harus menerapkan pembelajaran secara online atau belajar dari rumah. Anak didik dituntut harus berupaya beradaptasi dengan keadaan yang saat ini baru yaitu pembelajaran menggunakan media onlineyaitu zoom meeting private, yang dapat membantu siswa belajar selama masa wabah covid-19. Tujuan dari pengkajian ini guna mengetahui gambaran faktor pemicu prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Puri pada masa wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian faktor penyebab prokrastinasi akademik terhadap keempat siswa adalah siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru, tidak percaya diri terhadap kemampuannya, kurang bisa mengatur waktu untuk mengerjakan tugas dengan kegiatan lainya, siswa merasa bosan dan jenuh karena pembelajaran secara daring dirumah, kurangnya perhatian serta dorongan motivasi belajar dari orang tua, dan kendala sinyal, handphone juga kuota internet.