INTERNALISASI TEORI HUMANISTIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak: Kurikulum merdeka pada proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristik yang berorientasi pada penguatan
kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum merdeka pada
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk dapat
mengembangkan potensinya. Kurikulum yang berorientasi pada kebutuhan, minat dan
karakteristik peserta didik selaras dengan teori humanistik yang mengarah pada open education.
Pendekatan humanistik mengarah pada proses pendidikan dengan memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk bergerak secara bebas dan dapat memilih aktivitas pembelajaran
sendiri. Hal tersebut sejalan dengan merdeka belajar yang menempatkan peserta didik sebagai
pemimpin pembelajaran. Merdeka belajar pada PAUD dirancang agar peserta didik dapat
mencapai kemampuan dengan memberikan pengalaman yang bermakna melalui merdeka
bermain. Implementasi merdeka belajar melalui merdeka bermain berdampak pada
perkembangan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan peserta didik.