PENGUATAN KETERAMPILAN BERTANYA BAGI CALON GURU MATEMATIKA YANG BERTIPE KEPRIBADIAN INTROVERT
Keywords:
Keterampilan Bertanya, Calon Guru, IntrovertAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya bagi calon guru matematika yang memiliki tipe kepribadian introvert. Bagi mereka yang introvert, umumnya agak sulit untuk menghidupkan kelas. Salah satu caranya adalah dengan memberikan keterampilan bertanya yang baik. Pertanyaan yang baik akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada tahapan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Terdapat 7 langkah dalam penelitian ini, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan desain awal, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi terbatas hasil uji lapangan, (6) pokok uji lapangan, dan (7) revisi hasil uji lapangan utama. Ada enam calon mahasiswa guru sebagai subjek penelitian. Wawancara dan observasi digunakan untuk teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru matematika berkepribadian introvert membutuhkan tahapan lebih detil untuk mencapai keterampilan bertanya yang diharapkan. Tahapan scaffolding lebih detail. Penelitian ini membantu calon guru berkepribadian introvert untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan lebih bersemangat dalam mengelola kelas.