PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN VIDEO PROJECT-BASED LEARNING PADA MATAKULIAH SPEAKING

Authors

  • Rizky Lutviana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Teguh Sulistyo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Keywords:

Pendidikan Karakter, Video Project-Based Learning, Kemampuan Berkomunikasi lesan dalam bahasa Inggris.

Abstract

Pembelajaran Abad 21 diarahkan pada pentingnya penguasaan teknologi dengan diiringi penanaman pendidikan karakter dalam rangka terwujudnya generasi unggul. Namun dalam praktiknya, Project-Based Learning (PJBL) kurang menyatukan teknologi dan penanaman nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan Video Project-Based Learning (VPBL) pada matakuliah Speaking (berbicara) dengan menggunakan peer feedback (umpan balik teman) untuk menumbuhkan karakter gotong royong (kolaboratif), kreatif, kolaboratif, kritis, dan mandiri pada 25 mahasiswa yang menempuh matakuliah Speaking. Desain dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara untuk mengetahui proses implementasi penanaman nilai karakter dan respon mahasiswa terhadap penerapan VPBL dalam pembelajaran matakuliah Speaking. Hasil yang dicapai adalah nilai karakter kolaboratif tertanam paling dominan dalam pembelajaran Speaking menggunakan VPBL. VPBL memungkinkan mahasiswa untuk saling memberikan masukan terhadap performa teman sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi lisan dalam bahasa Inggris.  

Downloads

Published

2023-08-27