ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI KONTEN DATA DAN KETIDAKPASTIAN
Keywords:
Miskonsepsi, Asesmen Kompetensi Minimum, Numerasi, Data dan Ketidakpastian, Three Tier TestAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebabnya miskonsepsi siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah berupa soal AKM dengan model three tier test dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dana menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa teridentifikasi mengalami miskonsepsi sebesar 55,36% dari 30 siswa yang tergolong dalam kategori sedang. Miskonsepsi terjadi pada nomor 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan letak miskonsepsi berturut-turut yaitu konsep peluang, rumus mean, konsep penyajian data, rumus peluang, dan konsep mean. Penyebab miskonsepsi tersebut terjadi yaitu karena siswa itu sendiri, konteks dan cara mengajar.