ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PEMBIASAAN MENYELESAIKAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi melalui pembiasaan menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gender. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 2 Puri. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa bergender laki-laki dan satu siswa bergender perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi aktivitas pembiasaan siswa, latihan soal AKM, tes kemampuan numerasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan numerasi melalui pembiasaan menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gender yaitu kemampuan numerasi siswa bergender laki- laki melaui pembiasaan menyelesaikan soal AKM yaitu siswa menggunakan simbol dalam menuliskan informasi yang diperoleh, menentukan konsep serta prinsip pada informasi yang dituliskannya dalam bentuk simbol, menentukan prosedur yang digunakan dalam menuliskan simbol, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan, menggunakan prinsip, konsep serta fakta matematika dalam menyelesaikan soal, menjelaskan solusi yang diperoleh, serta memeriksa kembali hasil penyelesaian atau solusi yang telah didapat. Sedangkan kemampuan numerasi siswa bergender perempuan melaui pembiasaan menyelesaikan soal AKM yaitu siswa menuliskan informasi yang didapat dengan menggunakan simbol, menentukan konsep serta prinsip pada informasi yang dituliskannya dalam bentuk simbol, menentukan prosedur yang digunakan dalam mengubah informasi dalam bentuk simbol, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan, menggunakan prinsip, konsep serta fakta matematika dalam menyelesaikan soal, menjelaskan solusi yang diperoleh, serta memeriksa kembali hasil penyelesaian atau solusi yang telah didapat.
Kata Kunci : Kemampuan Numerasi, Pembiasaan, Gender