IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 2 PURI MOJOKERTO

Authors

  • Andra Fian Alfarizki Universitas Islam Majapahit
  • Engkin Suwandana Universitas Islam Majapahit
  • Wawan Hermawan Universitas Islam Majapahit

Abstract

Pendidikan merupakan pilar penting dalam kehidupan umat manusia. Dalam pendidikan kurikulum merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan tersebut sebagai wadah untuk setiap individu meningkatkan kualitas dirinya. Dalam perkembangannya perubahan kurikulum di Indonesia sudah terjadi sebanyak 14 kali perubahan mulai dari kurikulum rentjana hingga kurikulum merdeka yang baru saja ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana persiapan, pelaksanaan hingga kendala dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan di SMPN 2 Puri Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan SMPN 2 Puri yang akan dijadikan tempat untuk melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran terkait bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa indonesia dan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam setiap tahapan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga kendala yang dihadapi yang akan dideskripsikan dan dianalisis oleh peneliti.

Downloads

Published

2023-08-27