PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PURI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model PBL untuk mendukung kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMPN 2 Puri, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model PBL untuk mendukung kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMPN 2 Puri, dan mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMPN 2 Puri setelah menerapkan model PBL. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Stuy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan dipilih kelas VIII-A sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru mendapatkan nilai 3,69 dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa juga mendapatkan nilai 3,69 dalam kategori sangat baik dan hasil tes kemampuan numerasi siswa menunjukkan 15 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi tinggi, 11 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi sedang, dan 6 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi rendah. Berdasarkan hasil tes tersebut, siswa yang memiliki kemampuan numerasi tinggi lebih banyak dari pada siswa yang memiliki kemampuan numerasi sedang maupun rendah sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model PBL dapat mendukung kemampuan numerasi siswa.