ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan penelitian yakni untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa setelah penerapan model Self Directed Learning dengan pendekatan Open Ended, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model Self Directed Learning dengan pendekatan Open Ended. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method dengan metode Eksplanatori Sekuensial. Untuk teknik pengumpulan data terdiri data kuantitatif yakni lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta pensekoran tes kemampuan berpikir kritis, untuk data kualitatif yakni dengan reduksi data, penyajikan data dan penerikan kasimpulan. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa-siswi kelas X-IPA1 yang terdiri dari 36 siswa di SMAN 1 Bangsal. Untuk kriteria observasi aktivitas guru dan siswa setelah penerapan Self Directed Learning dengan pendekatan Open Ended minimal dikategorikan baik. Dengan hasil penelitian data kuantitatif menunjukkan persentase skor kemampuan berpikir kritis yakni terdiri dari 16,66% dikategorikan tinggi, 58,33% dikategorikan sedang dan 25% dikategorikan rendah. Kemudian untuk hasil data kualitatif menunjukan bahwa siswa kemampuan tinggi memenuhi semua indikator, siswa kemampuan sedang kurang tepat menjelaskan pada indikator Reason dan Clarity, dan siswa kemampuan rendah hanya memeenuhi indikator Focus
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Self Directed Learning dan pendekatan Open Ended