PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ADDIE PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMAS AL-MULTAZAM
Keywords:
TTS android, teka teki silang, media pembelajaran, addie, research and development, r&dAbstract
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sering dianggap membosankan karena soal-soalnya yang relatif panjang. Banyak siswa yang mengeluh saat mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia karena waktu yang diberikan tidak cukup untuk membaca soal-soalnya. Latihan soal dengan bentuk teka teki silang bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi kejenuhan siswa saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Teka teki silang yang dikolaborasikan dengan android akan lebih menarik bila diteliti dan dikembangkan. Teks laporan hasil observasi dipilih sebagai materi dalam TTS karena dianggap biasa saja dan membosankan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan ADDIE. Pendekatan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang berurutan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran teka teki silang teks laporan hasil observasi berbasis android yang diteliti dan dikembangkan di SMAS Al-Multazam Mojokerto dan diujicobakan pada kelas X. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran teka teki silang teks laporan hasil observasi dinyatakan valid, baik, dan efektif. Presentase nilai kevalidan adalah 96,6%, presentase respon siswa terhadapmedia pembelajaran 83%, dan presentase nilai keefektifan adalah 75%.Kata Kunci: TTS, android, LHO, media pembelajaran
Downloads
Published
2023-08-27
Issue
Section
Articles