PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan evaluative formation dari Tessmer untuk mendeskripsikan proses dan hasil serta efek potensial dari pengembangan tes kemampuan bernalar kritis pada materi aritmatika sosial kelas VII. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-A, VII-B, dan VII-C SMP Negeri 2 Kemlagi. Subjek penelitian tahap one-to-one adalah tiga siswa kelas VII-A berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian tahap small group adalah enam siswa kelas VII-B berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian tahap field test adalah 20 siswa kelas VII-C berkemampuan matematika heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes kemampuan bernalar kritis. Analisis data dilakukan dengan cara analisis data lembar validasi ahli, analisis data angket respon siswa, dan analisis data hasil tes kemampuan bernalar kritis. Hasil penelitian memenuhi kriteria valid sebesar 3,54, kriteria praktis sebesar 82,92%, dan memiliki efek potensial dengan rata-rata kemampuan bernalar kritis siswa sebesar 81,2%.
Kata Kunci: Pengembangan, Bernalar Kritis, Aritmatika Sosial