ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Literasi numerasi, Sekolah DasarAbstract
Literasi numerasi merupakan suatu pemahaman dalam penggunaan simbol dan angka matematika dalam menyelesaikan permasalah berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA yang dirilis OECD, tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat literasi numerasi Indonesia masih sangat rendah. Kebutuhan literasi menjadi hal krusial di era Society 5.0. Bermodal literasi cukup, peserta didik dapat berinteraksi dengan kebutuhan dunia. Selain itu penyebab rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik di Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar dengan menggunakan metode studi literatur, dimana penulis membaca dan memahami berbagai macam buku, jurnal-jurnal ilmiah yang berasal dari sumber online, thesis, skripsi yang berkaitan dengan analisis kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar.