STUDENTS PERCEPTIONS OF USING WORD WALL DIGITAL MEDIA IN LEARNING ENGLISH

Authors

  • Rizky Putri Octaviany Universitas Islam Majapahit Mojokerto
  • Rini Lindawati Universitas Islam Majapahit
  • Wiwik Mardiana Universitas Islam Majapahit

Abstract

 

Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, guru dapat mengkombinasikan strategi pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu game-based learning dengan menerapkan penggunaan media word wall. Dalam menggunakan media apapun, hal ini perlu untuk diketahui persepsi siswa. Peneliti merumuskan pertanyaan: Persepsi siswa dan tantangan yang dihadapi siswa dalam penggunan word wall dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Studi kasus ini untuk menyelidiki dua puluh lima siswa dalam sekolah menengah pertama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis tematik dan data dikumpulkan dari wawancara. Persepsi siswa memiliki hasil yang positif terhadap penggunaan word wall di pembelajaran Bahasa inggris. Penelitian ini terbatas dalam; indikator, aktivitas kuis dan siswa kurang memperhatikan koneksi internet. Kedepannya, peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dalam hal; memperluas indikator, menambahkan kegiatan kuis dan perhatian khusus terhadap koneksi internet yang digunakan oleh siswa.

Kata-Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Berbasis Permainan, Media Digital, Word wall

Abstract

In the English learning process, teachers can combine appropriate learning strategies and learning media that are fun for students. The learning method that can be used is game-based learning by utilizing word wall media. In using any media, it is necessary to know students’ perception. The researcher formulated the question: Students’ perceptions and challenges encountered by students in using word wall in learning English. The case study was to investigate twenty-five students in a junior high school. The research data were analysed using thematic analysis and data were collected from interviews. Students perceptions had positive results on the use of word wall in learning English. This study is limited to; indicators, quiz activities and students paying less attention to internet connections. In the future, other researchers can develop this research in terms of; expanding indicators, adding quiz activities and special attention to internet connections used by students.

Key Words: Perception, Game-Based Learning, Digital Media, Word wall

Downloads

Published

2023-08-27