KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL TITIP RINDU KE TANAH SUCI KARYA AGUK IRAWAN

Authors

  • Hidayatul Ummah Universitas Islam Majapahit
  • Asih Andriyati Mardliyah Universitas Islam Majapahit
  • Taswirul Afkar Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Novel, Kepribadian sehat, Pendidikan karakter

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kepribadian dewasa yang sehat menurut Gordon Allport dan (2) pendidikan karakter pada novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan MN. Kualifikasi kepribadian dewasa yang sehat menurut Gordon Allport, yaitu perluasan perasaan diri, memiliki hubungan diri yang hangat dengan orang lain, keamanan emosional, persepsi, keterampilan dan tugas yang realistis, objektifikasi diri, dan memiliki filsafat hidup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan objek novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan MN. Teknik pengumpulan data dengan cara membaca dan mencatat temuan-temuan. Teknik analisis data menggunakan analisis konten (isi) dengan uji keabsahan data yaitu teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini, (1) menunjukkan kepribadian dewasa tokoh utama, meliputi (a) perluasan perasaan diri terdapat 3 temuan data, (b) hubungan diri yang hangat terdapat 9 temuan data, (c) keamanan emosional terdapat 5 temuan data, (d) persepsi dan keterampilan yang realistis terdapat 8 temuan data, (e) objektifikasi diri terdapat 1 temuan data, dan (f) filsafat hidup terdapat 3 temuan data. (2) Menunjukkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel ditemukan 55 data temuan nilai pendidikan karakter diantaranya nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, menghargai prestasi, peduli sosial, dan tanggung jawab.

 

Downloads

Published

2023-08-27