ADAPTASI PENYAJIAN MEDIA DALAM MEMBELAJARKAN GENERASI Z

Authors

  • Dio Lingg Purwodani Universities Negeri Malang
  • Hardika
  • Nabil Muttaqin
  • Dwi Soca Baskara

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pengajar, media, dan pebelajar. Kolaborasi yang baik dari ketiga peran tersebut akan menentukan keberhasilan atau tercapainya tujuan pembelajaran. Pebelajar genersi Z. Pengajar dalam era pendidikan saat ini harus mampu memfasilitasi pebelajar generasi Z yang cenderung menyukai media pembelajaran video. Berdasarkan data yang ada terdapat kesenjangan antara pola yang dimiliki pengajar dan pebelajar. Pengajar masih nyaman dengan pola penyampaian materi secara langsung (ceramah) sedangkan pebelajar menginginkan materi disajikan dalam bentuk audio visual (video) karena dengan media vide pebelajar dapat kapanpun dan secara berulang mengakses materi yang tersaji tersebut. Kesenjangan tersebut perlu direspon oleh pihak yang berwenang dengan melakukan support secara fisik maupun non fisik. Secara fisik perlu disediakan fasilitas studio audio visual yang representative untuk mendukung proses pengembangan media video bagi para pengajar. Secara non fisik pihak berwenang dapat menyelenggarakan workshop/pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengajar dalam mengembangan media video.

Downloads

Published

2023-08-27