PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENDUKUNG MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Keywords:
Key Words: Kooperatif Learning, Teams Games TournamentAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah Mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar matematika siswa MTs Manba’ul Qur’an pada materi bangun ruang sisi datar pada saat diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. One-Shot Case Study ialah desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah teknik simple random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII A MTs Manba’ul Qur’an yang terdiri dari 12 siswa. Dalam penerapan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan Teknik observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis, pada terlaksananya penelitian ini memaparkan ketercapaian presentase aktivitas guru 87,9% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapatkan presentase 85,1% dengan kategori sangat baik dan hasil dari tes angket motivasi belajar siswa mendapatkan presentase 82,9% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif (TGT) dapat mendukung motivasi belajar siswa MTs pada materi Bangun Ruang Sisi Datar jika dilihat dari aspek aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes angket motivasi belajar siswa
Kata Kunci: Kooperatif Learning, Teams Games Tournament