EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MEMFASILITASI TAHAP CAPAIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Keywords:
efektivitas, pembelajaran berbasi proyek, tahap capain belajarAbstract
Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam memfasilitasi tahap capaian belajar peserta didik bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam memfasilitasi tahap capaian belajar peserta didik pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dilihat dari tiga aspek yaitu hasil aktivitas guru, hasil aktivitas siswa, dan hasil tes tahap capaian belajar peserta didik. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Gedeg Mojokerto. Dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek dalam memfasilitasi tahap capaian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung ini menerapkan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Kuantitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Dalam kegiatan penelitian ini diperoleh data aktivitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis proyek mendapatkan nilai persentase sebesar 87,5%, aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berbasis proyek mendapatkan nilai persentase sebesar 83,4%, dan hasil tes tahap capaian belajar peserta didik setelah dilakukan kegiatan pembelajaran berbasis proyek diperoleh hasil tahap capaian belajar peserta didik masuk dalam kriteria siap sebagian.