PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Erly Siswanti Putri ibu
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Deka Anjariyah Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Penerapan, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Trigonometri

Abstract

Matematika sebagai ilmu dasar berperan penting dalam perkembangan ilmu-ilmu pengetahuan yang lain. Model pebelajaran yang digunakan pada penelitian ini merupakan model problem based learning  atau PBL pada mata pelajaran matematika di kelas X MA Al-Ghoits pada materi Trigonometri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preeksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Ghoits dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Materi Trigonometri yang diterapkan di kelas merupakan materi dasar sin, cos dan tan yang masih berkaitan dengan materi prasyarat yaitu segitiga siku-siku. Pelaksanaan penelitian dilakukan satu kali pertemuan. Hasil penelitian aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan model PBL mendapatkan nilai presentase sebesar 91,6% yang merupakan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru dapat menyelesaikan penerapan pembelajaran dengan model PBL dengan sangat baik. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model PBL mendapatkan nilai presentase sebesar 85,9% yang merupakan kategori sangat baik. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan dari seluruh kelas X di MA Al-Ghoits didapatkan 14 siswa tuntas dalam tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan nilai KKM ≥75 sedangkan 3 siswa lainnya masih dibawah KKM. Selain itu, hasil ketuntasan klasikal diperoleh presentase sebesar 82,3% .

Downloads

Published

2023-08-27