Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Youtube Mendukung Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Permutasi Kelas XI SMK Negeri 1 Mojoanyar

Authors

  • Arjun Syiva Wardana UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Hari Joko Wiyono Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Discovery Learning, YouTube, Pemahaman Konsep, Permutasi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning berbantu youtube pada materi permutasi kelas XI SMK Negeri 1 Mojoanyar dilihat dari aspek aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep siswa.

Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti mengaplikasikan suatu metode penelitian yaitu kuantitatif deskriptif. Desain penelitian ini mengunakan desain penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan merupakan teknik simple random sampling sehingga yang dipilih sebagai sampel adalah kelas XI Kimia Analisis 1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini berupa metode observasi dan tes tulis.

Berdasarkan hasil analisis, dalam keterlaksanaan penelitian ini menunjukkan ketercapaian presentase aktivitas guru 82,5% pada kategori sangat baik, aktivitas siswa memperoleh presentase 86,2% pada kategori sangat baik dan hasil tes pemahaman konsep siswa pada materi permutasi secara klasikal memperoleh presentase 83,3%. Dari ketercapaian tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran discovery learning berbantu youtube pada materi permutasi efektif mendukung pemahaman konsep siswa.

Downloads

Published

2022-07-28