PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA SMK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
Keywords:
Teknik Scaffolding, Kecemasan Matematika, HOTS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik scaffolding dalam mengatasi kecemasan siswa ketika memecahkan masalah matematika berbentuk soal Higher Order Thinking Skills dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa setelah memperoleh teknik scaffolding.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika,tes,dan wawancara.Teknik analisis data penelitian meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Sedangkan untuk teknik validasi datanya menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik scaffolding dapat mengatasi gejala kecemasan siswa ketika memecahkan masalah soal HOTS.Kecemasan pada aspek attitude dan somatic dapat diatasi dengan memberikan scaffolding pada tingkatan classroom organization.Pada aspek mathematical knowledge dapat diatasi dengan memberikan scaffolding pada tingkatan reviewing,explaining dan restructuring, dan pada aspek cognitive,scaffolding yang dapat diberikan yaitu pada tingkatan reviewing,explaining, restructuring dan developing conceptual thinking. Tingkat kecemasan siswa setelah memperoleh teknik scaffolding mengalami penurunan.