ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
Keywords:
Kemampuan Numerasi, Motivasi Belajar, Memecahkan MasalahAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa SMP berdasarkan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 1 Puri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan numerasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan berhitung siswa dengan motivasi tinggi dan kemampuan berhitung siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dalam memecahkan masalah memiliki kesamaan yaitu dalam menggunakan simbol-simbol matematika untuk memecahkan masalah, menganalisis informasi pada soal untuk memecahkan masalah, menentukan dan melaksanakan strategi yang sesuai, namun siswa yang memiliki motivasi sedang menulis kesimpulan yang tidak sesuai. Sedangkan kemampuan berhitung siswa dengan motivasi belajar rendah, siswa menggunakan simbol-simbol matematika dalam memecahkan masalah serta dapat menganalisis informasi tentang masalah untuk memecahkan masalah, namun dalam melaksanakan strategi dan menarik kesimpulan tidak sesuai.