PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTS NEGERI 4 MOJOKERTO

Authors

  • Avivah Rofizah Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
  • Ulil Nurul Imanah UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar, mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar, dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-E MTs Negeri 4 Mojokerto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Aktivitas guru pada saat pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar masuk dalam kategori sangat baik, karena mendapat nilai rata-rata 87,78%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar masuk dalam kategori aktif, karena memperoleh nilai rata-rata 81%. Kemampuan pemecahan masalah dari 27 siswa memperoleh presentase sebesar 88,88%.

Downloads

Published

2022-08-29