SEMIOTIKA DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Keywords:
Novel, Semiotika, Pembelajaran SastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Tanda pada novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. (2) Penanda pada novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. (3) Petanda pada novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. (4) Relevansi semiotika Ferdinand De Saussure dalam nove orang-orang biasa karya Andrea Hirata pada pembelajaran sastra di SMA Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Orang-orang biasa karya Andrea Hirata. Data utama dalam penelitian berupa teks novel. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Validasi data diperoleh melalui trianggulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi teori. Analisis data yang digunakan penlitian yaitu analisis model interaktif dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Tanda telah ditemukan 17 data (2) Penanda telah ditemukan 15 data (3) Petanda telah ditemukan 13 data (4) Relevansi terhadap pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat dalam kurikulum K13 pembelajaran novel pada KD 3.4 Menganalisis isi dan kebahasan novel.