Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK Pada Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Novi Anggraini Sudibyo Universitas Islam Majapahit
  • Feriyanto Universitas Islam Majapahit
  • Ulil Nurul Imanah Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Multimedia, Interaktif, Android, Literasi, Transformasi Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan. Metode yang digunakan yaitu Research and Development. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI KI SMKN 1 Mojoanyar sebanyak 33 siswa, ahli media dan ahli materi. Tahap penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Tahap Analysis yaitu analisis pembelajaran, karakteristik siswa dan media. Tahap Design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, membuat flowchart, storyboard, dan perangkat pengembangan. Tahap Development yaitu pembuatan produk, penilaian para ahli dan revisi produk. Tahap Implementation yaitu uji coba produk,  observasi dan angket respon siswa. Tahap Evaluation yaitu tes kemampuan literasi matematika. Hasil setiap tahapan yaitu tahap Analysis siswa merasa kesulitan dalam meamahami materi termasuk mengerjakan soal, mempunyai karateristik mudah bosan, kurangnya kemampuan literasi dalam membaca dan kurangnya penggunaan media pembelajaran disertai adanya perkembangan teknologi. Tahap Design yaitu adanya tujuan pembelajaran yang dicapai, desain multimedia yang dibuat dan perangkat pengembangan yang berupa lembar penilaian. Hasil tahap Developmnet yaitu multimedia yang telah dibuat dan dinilai oleh para ahli. Tahap implementation yaitu uji coba multimedia dalam pembelajaran dengan hasil multimedia dapat diterima secara positif oleh siswa. Tahap Evaluation didapatkan hasil bahwa nilai tes kemampuan literasi matematika mencapai nilai ketuntasan ≥ nilai KKM 75. Hasil validasi ahli materi didapat skor rata-rata 86,7% dan dinyatakan sangat valid. Hasil validasi ahli media didapatkan skor rata-rata 76,9% dan dinyatakan valid. Hasil observasi didapatkan skor rata-rata 74,3% dan dinyatakan praktis. Hasil angket respon siswa menunjukan  skor 63,4%  dan dinyatak positif. Hasil tes kemampuan literasi matematika menunjukan persentase ketuntasan 63,6% dan diyatakan efektif. Sehingga multimedia interaktif berbasis android untuk mendukung kemamampuan literasi matematis siswa SMK pada materi transformasi geometri memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci : Multimedia, Interaktif, Android, Literasi, Transformasi Geometri

Downloads

Published

2022-08-29