PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VII MTS NEGERI 4 MOJKERTO
Keywords:
Self-Organized Learning Environment (Sole), Square and Rectangle Material.Abstract
ABSTRAK
Nadilla, Febrikariza Sholastika 2022 Penerapan Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environment (Sole) Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII Mts Negeri 4 Mojkerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas IslaM Mojopahit. Pembimbing (I) Feriyanto, M.Pd dan Pembimbing (II) Rizky Oktaviana E.P, M.Pd
Kata Kunci : Self-Organized Learning Environment (Sole), Materi Persegi Dan Persegi Panjang,
Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Self-Organized Learning Environment (Sole),Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam model pembelajaran Self-Organized Learning Environment (Sole) dan mengetahui hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 4 Mojokerto setelah mengikuti pembelajaran dengen model pembelajaran Self-Organized Learning Environment (Sole). Peneliti mengunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini 25 siswa kelas VII MTs Negeri 4 Mojokerto. Instrumen dalam penelitian ini antara lain: Lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar validasi soal tes hasil belajar.
Teknik analisis Data yang digunakan adalah: Analisis data pengelolaan Pembelajaran, analisis data aktivitas siswa dan analisis data hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tergolong Sangat baik, pada kriteria pengelolaan pembelajaran skor rata-rata sebesar 87%, Aktivitas siswa pada pembelajaran tergolong aktif dengan perolehan skor sangat baik, pada kriteria ke aktif skor rata-rata sebesar 88% dan Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model Self-Organized Learning Environment (Sole) belum memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah sebesar 75%. hasil belajar sisawa yang mencapai nilai KKM (tuntas) sebesar 68%