Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kecerdasan Emosional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa dengan kategori kecerdasan emosional tinggi,sedang dan rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional,tes soal HOTS dan wawancara.Teknik analisis data melalui 3 tahap diantaranya reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Teknik validasi data menggunakan triangulasi waktu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu siswa dengan kecerdasan emosional tinggi,sedang dan rendah mengklasifikasikan objek-objek dengan melihat hubungan antara dentangan jam pertama dengan suku pertama, hubungan antara gaji pilihan pertama dan kedua dengan suku pertama,melihat banyaknya data dengan menghitung banyaknya waktu dan menentukan beda dan rasio.Pada indikator menggunakan,memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu,siswa dengan kecerdasan emosional tinggi sudah tepat, siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah menggunakan operasi pada barisan geometri dengan prosedur yaitu menentukan banyaknya data(n),suku pertama(a),rasio(r) dan mensubstitusikan nilai banyaknya data(n),suku pertama(a),rasio(r) ke operasi pada barisan geometri yang seharusnya menggunakan operasi pada deret geometri.Pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah,siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mengaplikasikan konsep ke dalam algoritma pemecahan masalah hingga mendapatkan hasil akhir,namun siswa kecerdasan emosional sedang dan rendah belum mendapatkan hasil akhir.
Kata-Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Soal HOTS, Kecerdasan Emosional