Aspek sosial dan nilai pendidikan karakter dalam film Gundala sutradara Joko Anwar
aspek sosial dan nilai pendidikan karakter
Keywords:
film, aspek sosial, pendidikan karakterAbstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Aspek sosial yang terkandung dalam alur cerita Film Gundala sutradara Joko Anwar dan mendeskripsikan (2) nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Gundala sutradara Joko Anwar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil objek film Gundala. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis konten. Dan teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi teori. Penelitian ini bertumpu pada pandangan Wallek dan Warren mengenai hubungan sastra dan masyarakat yang ke dua yaitu sosiologi karya. hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya gambaran mengenai aspek sosial dalam alur cerita film Gundala sutradara Joko Anwar. Aspek sosial dalam film Gundala sutardara Joko Anwar terdapat gambaran mengenai faktor kelas sosial dan faktor ekonomi. terdapat juga nilai pendidikan karakter peduli sosial, mandiri, kerja keras, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan dan jujur. Hasil dari peneltian ini bertujuan agar pembaca dan penikmat film lebih kritis dalam memilih tontonan.
Kata-Kata Kunci : Film, Aspek Sosial, Nilai Pendidikan Karakter