ARTIKEL BENTUK DAN NILAI KOMUNIK ARTIKEL BENTUK DAN NILAI KOMUNIKATIF DALAM YOUTUBE NAJWA SHIHAB SERTA RELEVANSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN KAJIAN PRAGMATIK

Authors

  • Akhmah Fitriah Ulfah Universitas Islam Majapahit
  • Wawan Hermawan Universitas Islam Majapahit
  • Akhmad Fatoni Universitas Islam Majapahit

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan nilai komunikatif dalam komunikasi yang disampaikan kepada lawan bicara, serta direlevansikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia supaya mengetahui mengenai kesantunan berbahasa.

Penelitian yang peneliti ambil merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif melalui dua objek, terdiri dari: 1) youtube Najwa Shihab melalui program channel bersama empat narasumber 2) di sekolah menengah pertama Dahlan Syafi’i melalui wawancara dengan guru bahasa Indonesia, kemudian menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara (draft wawancara, alat tulis, dan alat rekam).

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: Pemuda di Indonesia memiliki banyak ide, gagasan juga semangat juang yang tinggi, namun seringkali dianggap rendah oleh masyarakat karena faktor usia serta pengalaman masih kurang. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskrisikan bentuk dan nilai komunikatif bahasa dalam kalimat melalui percakapan di youtube Najwa Shihab dalam channel yang berjudul “Muda Bersuara” sekaligus direlevansikan di SMP Dahlan Syafi’i melalui materi teks berita, kelas VIII. Peneliti menggunan jenis penelitian berupa kualitatif deksripsi, dengan pengumpulan data melalui beberapa teknik diantaranya berupa instrumen sebagai pedoman analisis data. Teknik analisis peneliti menggunakan metode simak, catat, dokumentasi. Penggunaan teknik analisis penelitian terdiri dari: 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, Display Data, Verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian tersebut peneliti menemukan kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat berita, tanya, ajakan, kagum, dan tegas.

Kata Kunci : Bentuk, Nilai Komunikasi dan Relevansi Pendidikan

Downloads

Published

2022-08-29