STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) : Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Merdeka Belajar
Keywords:
STEM, Pembelajaran, Merdeka, BelajarAbstract
Tujuan utama dari Merdeka Belajar adalah memberikan kesempatan belajar yang luas bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kognitif dan interpersonal. Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang menuntut siswa untuk dapat melakukan aktivitas mental (kognisi) sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat mengakomodasinya. Pembelajaran STEM adalah metode yang menggabungkan empat disiplin ilmu yaitu science, teknologi, teknik, dan matematika. Dimana pada pembelajaran STEM ini siswa diajak untuk melihat hubungan dari keempat cabang ilmu tersebut melalui aktivitas kognisi dan project yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif. Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan kesempatan untuk mengekplorasi pengetahuan yang telah dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran STEM menjadi kunci utama keberhasilan pembelajaran.