PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GLOBALISASI DI KELAS XI MM 2 SMK NEGERI 1 DLANGGU MOJOKERTO

Authors

  • Rini Tugaswati SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto

Abstract

Hasil observasi dan refleksi awal di SMK Negeri 1 Dlanggu menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Kelas XI MM 2  adalah paling rendah sehingga ketuntasan hasil belajar juga rendah. Hasil tes pre test menunjukkan bahwa ketuntasan 13,33 %. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui serangkaian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan metode problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui model problem based learning. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Dlanggu Kelas XI MM 2  tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksankan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran dengan indikator peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 86,67% pada siklus pertama meningkat menjadi 93,33% pada siklus kedua. Selain itu, aktivitas siswa menjadi lebih aktif, dan mampu membiasakan perilaku ilmiah siswa.

Downloads

Published

2022-09-14