Language Identity and the Status of English: A Lesson from Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status bahasa Inggris di Indonesia terkait potensinya dalam membentuk identitas bahasa penggunanya. Penelitian ini mengkaji peran dan fungsi bahasa Inggris di Indonesia ditinjau dari sejarahnya, situasi sosial budaya, dan politik bahasanya. bahasa Inggris tumbuh dan berkembang sebagai bahasa asing pertama, terutama setelah kemerdekaan Indonesia. Namun, sikap beberapa pengamat bahasa dan pembuat kebijakan terhadap bahasa Inggris seringkali ambivalen. Mereka khawatir tentang potensi kekuatan bahasa Inggris dalam mempengaruhi secara negative pembentukan identitas bahasa penggunanya; pada saat yang sama, mereka juga membutuhkan bahasa untuk kepentingan pembangunan nasional. Penelitian ini menggukan metode kualitatif, dan refleksifitas untuk sumber pengumpulan data. Diskusi ini menguraikan isu- isu tersebut, khususnya dalam ruang Pendidikan dan kebijakan, serta memberikan pandangan dan arahan ke depan tentang bagaimana melihat status bahasa Inggris dan potensinya untuk membentuk identitas Bahasa Indonesia.