PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SPOOF TEXT MELALUI IMPLEMENTASI MODEL ECOLA DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PURI
Abstract
Hasil observasi awal di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri pada mata pelajaran bahasa Inggris materi spoof text, masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran ECOLA dan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, dari siklus satu ke siklus dua dengan adanya penerapan strategi ECOLA pada materi spoof text, di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran ECOLA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkanya hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri. Penerapan strategi ECOLA juga dapat meningkatkan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 85.71% pada siklus pertama menjadi 89.3% pada siklus kedua. Aktivitas siswa menjadi meningkat. Perilaku tidak relevan mangalami penurunan yang berarti dari 13.41% pada siklus 1 menjadi 3.29% pada siklus kedua. Aktivitas yang menunjukkan keadaan kelas yang aktif juga mengalami peningkatan pada siklus kedua.