IMPLEMENTASI PROBLEM POSSING LEARNING (PPL) MATERI TEKS RECOUNT THE BATTLE OF SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 PURI

Authors

  • Slamet Hariadi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Abstract

Hasil observasi dan refleksi awal di SMA Negeri 1 Puri menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 adalah paling rendah sehingga ketuntasan hasil belajar juga rendah. Hasil tes pre test menunjukkan bahwa ketuntasan 13,33 %. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui serangkaian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model PPL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui model PPL. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahapan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Puri Kelas X IPS 1tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksankan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran dengan indikator peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 86,67% pada siklus pertama meningkat menjadi 93,33% pada siklus kedua. Selain itu, aktivitas siswa menjadi lebih aktif, dan mampu membiasakan perilaku ilmiah siswa.

Downloads

Published

2022-09-14