PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERMEDIA DOMINO PADA MATERI EXPRESSION OF SURPRISE AND AMAZEMENT DI KELAS X MIPA 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran, keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada penerapan pembelajaran model Student Facilitator and Explaining (SFE) pendekatan saintifik bermedia kartu domino di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran model Student Facilitator and Explaining (SFE) pendekatan saintifik bermedia kartu domino memberikan kemudahan guru untuk melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berkualitas, yang ditandai dengan meningkatnya penilaian pelaksanaan pembelajaran, yaitu dari 2.6 (baik) menjadi 3.8 (sangat baik) pada siklus kedua serta aktivitas peserta didik juga menunjukkan peserta didik sangat aktif, yang dibuktikan oleh meningkatnya keaktifan peserta didik dari 86.67% pada siklus pertama menjadi 93.33% pada siklus kedua. Selain itu, pembelajaran model Student Facilitator and Explaining (SFE) pendekatan saintifik bermedia kartu domino memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk menguasai kompetensi. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 72.22% pada siklus pertama menjadi 88.89% (tuntas).