PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI TEKS EKSPOSISI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNOW, WANT TO KNOW, AND LEARNED (KWL) DI KELAS X TB 2 SMK NEGERI 1 DLANGGU
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan atas adanya fakta hasil belajar peserta didik kelas X TB 2 SMK Negeri 1 Dlanggu yang masih di bawah KKM. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi teks eksposisi melalui penerapan model pembelajaran Know, Want to Know, and Learned (KWL). Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2019 dengan melibatkan 34 peserta didik kelas X TB 2 SMK Negeri 1 Dlanggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Know, Want to Know, and Learned (KWL) pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, melalui penerapan model pembelajaran Know, Want to Know, and Learned (KWL) juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.