PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS XI ANM 2 SMK NEGERI 1 DLANGGU

Authors

  • Kinaah SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi logika matematika di kelas XI ANM 2 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP, aktivitas peserta didik, perilaku ilmiah dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBI pada materi logika matematika di kelas XI ANM 2 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan 36 peserta didik kelas XI ANM 2 pada bulan Januari sampai Maret 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi logika matematika dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari skor rerata keterlaksanaan RPP sebesar 3.71 (sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus kedua berkategori sangat aktif, yaitu 95.74%. Pada aspek sikap ilmiah juga menunjukkan hasil yang baik, yaitu 3.53. Hasil belajar juga menunjukkan ketuntasan yang meningkat, yaitu 88.89% peserta didik tuntas pada siklus kedua.

Downloads

Published

2022-09-21