IMPLEMENTASI MODEL TAKE AND GIVE PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 BANGSAL
Abstract
Koloid merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Kimia, dalam proses pembelajaran materi tersebut, menunjukkan bahwa diperoleh nilai ulangan harian kelas XI MIPA 1 ketuntasan hanya mencapai 22.22%. Berdasarkan uraian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar materi Koloid tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui serangkaian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan metode take and give. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui metode take and give. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahapan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Bangsal Kelas XI MIPA 1 tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksankan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give memberikan kemudahan guru dalam pembelajaran, menjadikan pembelajaran berpusat pada siswa, menuntaskan hasil belajar, dan dapat mengajarkan dan melatihkan perilaku berkarakter siswa. Keterlaksanaan RPP berkategori baik dengan skor rerata 3.18 pada siklus pertama dan 3.40 pada siklus kedua. Aktivitas siswa mencapai 86.19% pada siklus pertama dan naik menjadi 93.43%. Pada aspek perilaku ilmiah kedua siklus menunjukkan berada pada katagori baik. Ketuntasan hasil belajar juga menunjukkan peningkatan, dari 72% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua.