IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR HOTS PADA MATERI TITRASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO

Authors

  • Wahyudi SMA Negeri 1 Bangsal

Abstract

Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 merupakan keterampilan berpikir lebih tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global. Kemampuan berfikir
siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bangsal pada mata pelajaran Kimia materi titrasi masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karenanya dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran berbasis Science, Technology,
Engineering, and Mathematics (STEM) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Bangsal Kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif dengan kategori soal HOTS yang dilaksankan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar. Pada keterlaksanaan RPP diperoleh hasil pengamatan siklus pertama dengan rerata 3.08 (baik) menjadi 3.27 (baik) pada siklus kedua. Pada aktivitas siswa meningkat dari 85.42% pada siklus pertama menjadi 93.33%
pada siklus kedua. Pada aspek perilaku ilmiah juga meningkat dari 3.24 (baik) pada siklus pertama menjadi 3.42 (baik) pada siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar pada taraf berfikir HOTS juga meningkat dari 72.73% pada siklus pertama menjadi 90.91%
pada siklus kedua.

Downloads

Published

2022-09-26